Menyikapi itu mudah

11 12 2009

Seringkali ketika kita melihat orang lain begitu mudah menyikapi apa yang tengah menimpa hidupnya. Hal itu kadang tersirat ketika kita mencoba membandingkan taraf kehidupan yang kita alami dengan apa yang orang lain tersebut sedang alami. Tapi apakah yang kita pikirkan selalu benar?. Kebanyakan tidak, kita seringkali cuma melihat dari luarnya saja tanpa bertanya kepada yang bersangkutan, dan muncullah kesimpulan yang kita buat sendiri.

Hal ini seringpula aku rasakan dan alami. Ketika ada satu hal yang tengah menimpaku (baca : problem, masalah, ujian, musibah, dan semacamnya), seringkali aku melihat orang lain sebagai bahan perbandingan. Secara tidak langsung begitu, dan selalu diawali dengan pertanyaan “Kenapa aku?”. Dalam hal apapun aku selalu menyikapi dan “mbombong” diriku sendiri dengan hal-hal yang positif, dari segala sudut pandang pula. Secara logika, secara hati, secara fakta, secara awam, dan yang terpenting secara Agama. Adakalanya pula kita perlu melihat keatas dan kebawah. Dengan cara-cara yang seperti itu al hasil, aku menjadi orang yang benar-benar sok bijak. Terkadang muak, tapi melihat situasi dan kondisi yang ada, mau atau tidak kita harus menerimanya dengan lapang dada.

Nah, itu dia. Seringkali menyikapi itu akan menjadi sangat mudah jika kita tahu ilmunya, tapi bagaimana kita menerimanya?, belum tentu kita bisa. Hati ini terlalu sensitif untuk hal-hal demikian. yang jelas untuk bisa menyikapi dan menerima semuanya harus seimbang antara akal dan hati. Ikhlas, tawakkal dan tetap istiqomah di jalanNya. it’s Called IMAN. CMIIW🙂


Actions

Information

23 responses

11 12 2009
Abdi Jaya

setuju. IKHLAS dan tawakal dapat menentramkan hati saat kita sedang dilanda masalah dan tentu saja harus segera menyelesaikan masalah itu

21 12 2009
hanif

setuju juga, soalnya masalah jika tidak diselesaikan akan segera datang lagi yang lainnya seiring berjalannya waktu, jadi cepat diselesaikan cepet tuntas, hadapi masalah yang baru lagi.

11 12 2009
Roy

nah itulah…. banyak orang gamang kebawa emosi… jadi penyikapannya jug pake emosi…
semoga kita termasuk orang yang ber akal…
jad menyikapinya gak pake emosi…

12 12 2009
Desri Susilawani

Yah, kita (maksudnya aku) terkadang sulit menerima kondisi diri dan menganggap orang lain lebih beruntung. Salah ya? HPadahal ga pernah puas itu berarti ga bersyukur…duh jangann deh!

12 12 2009
bundadontworry

setuju, ikhlas dan tawakal, lalu berani maju terus adalah sikap yg terpuji.
salam.

12 12 2009
nDa

Ternyata kebahagiaan hidup manusia tergantung pada konsep/persepsi keTuhanan manusia itu sendiri. Yang ujungnya adalah ikhlas menjalaninya.

12 12 2009
A.J.I

semuanya back to iman

12 12 2009
sunarnosahlan

pertanyaan kenapa aku, tak jarang membuat langkah kita tersendat, lebih berat lagi bisa menggugat yang maha kuasa

12 12 2009
Ifa

Percayalah, ketika kita berhasil mengatasai ujian itu.. derajat kita naik 1 tingkat di mata Tuhan

12 12 2009
fatih

IKHLAS . . .IKHLAS aja deh aku mah

12 12 2009
HumorBendol

Ikhlas….Bagi Bendol mudah diomongin, tapi sulit dijalani.
Dengan ikhlas…semua pasti lancar
Makasih atas sharingnya bro…🙂
Salam

13 12 2009
Adhi

Setuju Gan🙂

13 12 2009
mjcoolz21

setubuh gan😀

13 12 2009
hersu

ikhlas satu kata yang sulit dilaksanakan jika ndak punya ilmunya.

13 12 2009
miss tary

ikhlas, meskipun sulit, tapi kalo udah bisa ikhlas, segalanya akan mudah dijalani.

14 12 2009
alrisblog

Ikhlas, tawakkal dan tetap istiqomah <<<< resep manjur. Mantap.
Salam
ALRIS

14 12 2009
elia|bintang

semua orang itu udah ada jalannya sendiri2 kok.. yang blm berhasil hari ini, siapa tau berhasil besok. semangat!😀

14 12 2009
v3

sayangnya saya belum punya ilmu untuk belajar menyikapi

14 12 2009
kishandono

tetap bersyukur, kadang sulit memang jika berada di posisi yang kurang menguntungkan. tapi selalu bersyukur mengarahkan untuk ikhlas. iya ga sih?

14 12 2009
Cloud

ada yang bilang katanya “pelajarilah ilmu ikhlas.. sampai kau temukan kebaikan di dalamnya.. ” hayo sapa tuh yang bilang kayak gitu?? ..😛

14 12 2009
Blog CasCus

Nice post. Angel suka..

14 12 2009
ajikinai

hm…dilumat aja dalem hati…
nanti hancur kok..:mrgreen:
pake…
“ga usah terlalu memikirkan hal itu”
itulah hal termudah untuk melumatnya…

15 12 2009
D Sukmana

Kalo orang jawa bilang. “wöng urip kuwi wang sinawang”. Iy ga? Hi hi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: