2012 Movie

19 11 2009

Sepertinya film karya sutradara Roland Emmerich ini bener2 bikin heboh Indonesia nih. Aku sendiri belom nonton filmnya, baru trailernya aja😀. Dari trailernya aku melihat banyaknya kehancuran yang terjadi dimuka bumi ini. Konon dari film, hal itu terjadi berawal dari ramalan suku/bangsa  Maya, dimana mereka meramalkan akan terjadinya kiamat pada tahun 2012. Banyak dari kalangan masyarakat Indonesia yang pro dan kontra terhadap beredarnya film 2012 ini. Kalo aku sih “don’t care” , alias gak perduli. Mau di stop atau nggak ya monggo2 saja. Toh, orang2 disekitarku juga gak ada yang perduli, mereka berlalu saja dengan berita2 di televisi. terlebih lagi disini nggak ada bioskop 21😀.

Hal yang paling kontroversial adalah larangan penyangan film 2012 oleh fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). dari info yang aku dapatkan. MUI mengeluarkan fatwa tersebut terkait akan 3 hal yang dinilai dalam film tersebut, yaitu :

Pertama, Para ulama tidak setuju jika hari kiamat divisualisasikan.

Kedua, Hari kiamat dalam versi Islam itu tidak ada yang selamat. (Tidak sama seperti yang digambarkan di dalam film tersebut).

Ketiga, Jangan sampai ada propaganda untuk mendeskreditkan agama tertentu melalui film ini.

Tapi sayangnya di kalangan para ulama sendiri kurang kompak. MUI jombang misalnya, mereka tidak melarang masyarakat sekitar menonton 2012. MUI Jombang hanya melarang mempercayai penetapan waktu terjadinya ‘kiamat’ dalam film tersebut.

Nah, bagaimana sebenarnya sikap kita? berdosakah kita jika melanggar larangan MUI? Sementara kita sebagai umat muslim sebenarnya wajib mengikuti peraturan pemerintah selama peraturan tersebut membawa maslahah dan maqasid syar’iyyah. Dalil-dalilnya adalah sebagai berikut:

Firman Allah Taala: “Wahai orang-orang yanh beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemerintah) di antara kamu“. (Al-Nisaa: 59)

Sabda Nabi SAW: “Dengar dan taat adalah suatu hak kewajiban, selama tidak diperintahkan melakukan maksiat. Apabila diperintahkan melakukan maksiat, maka tiada dengar dan tiada ketaatan“. HR-Bukhari no:2796.

Tapi silahkan saja anda bersikap menurut keyakinan anda dan tak perlu mempermasalahkan pendapat orang lain. Bukankah menghargai orang lain lebih baik daripada berseteru.

Peace aja yah?😀


Actions

Information

12 responses

19 11 2009
omiyan

kayaknya ada semacam Propaganda jadi hanya akan ada satu agam yang selamat….

19 11 2009
ucii

heboh banget emang film ini… cuma keren efeknya aja ah, masa kiamat ninggalin orang T.T

20 11 2009
Zhoya

pertamaaxxx……..

gw stuju ma fatwa MUI…
yg bener ajjaa,, Rasulullah sja kagag berani ngemeng masalah kiamat, palingan cuma tanda2 kiamat…

peduli gag peduli yg penting peduli bangeett…

kunjungan balik
salam kenal🙂

20 11 2009
the riza de kasela

Tiket 2012 untuk tanggal 19 November 2009 di Jogja udah abis sebelum waktunya
Aneh kan?
______________________________________________
Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

20 11 2009
essajiwa

Mmm sepertinya film 2012 itu tidak bercerita tentang kiamat deh, tapi lebih ke bencana alam. Dimana disitu ada teori-teori fisika yang mendukung kenapa bencana-itu bisa terjadi, yaa walaupun sebagian dari teori tersebut tidak semuanya benar sih kalo kata temen saya yang punya blog http://ferrywijaya.com

Jadi alasan memvisualkan kiamat? saya rasa bukan, tapi memvisualkan bencana alam.

Karena saya selaku orang muslim yakin, bahwa kiamat itu adalah rahasia Allah saja.😉

20 11 2009
liew267

Mmm..Mungkin kiamat 2012 cuma isu yg dihembuskan oleh kru flm 2012 sejak lama jadix kan filmx d tunggu2 n jadi laris manis hoho.. *spekulasi sendiri*

20 11 2009
mbah gendeng

tenang wae kiamat g kira terjadi tanggal 2012

21 11 2009
M.'Ibad

Salam Kenal gan… Numpang nyimak.. Nice Blog

Keep In Touch

22 11 2009
iLLa

sayah lom nonton pelemnya. bukan karena patuh ato gimana sm MUI sih, tapi karena malas aja, hehe…
tapi mungkin one day sayah bakalan nonton. Menonton pelem itu bukan berarti kita percaya semua isinya kan? toh kita adalah manusia yg diberi akal, yg bisa memilah mana inpormasi yg bener dan mana yg tidak. kita sudah bisa memfilter lah.
Niat saya nonton (kalo pun jadi) cuman tertarik sm efek visual2nya yg katanya keren🙂
saya juga Alhamdulillah masih percaya kalo kiamat itu pure Rahasia Allah🙂

23 11 2009
mbah gendeng

datang lagi ayo bos di update………………..

23 11 2009
miawruu

wah, dari rating filmnya katanya dari 100 orang kritikus film, cuma 30 org kasih nilai 6, yg lainnya di bawah 6. trus dari forum2 yg ngebahas film ini pada ngasih nilai jelek ma ni film. ga gitu bagus katanya

23 12 2012
Putri larasati directioners

Insyaallah jangan sampai terjadi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: