Membaca (Sekitar)

29 09 2009

Bagiku membaca bukan hanya menatap dan melahap barisan huruf yang menjadi kata-kata, tapi bisa banyak hal yang bisa kita baca. Mungkin andapun berfikiran sama dengan aku. Membaca bisa berarti membaca buku (tulisan), membaca pemahaman, membaca bahasa tubuh, membaca wajah, bahkan sampai membaca pikiran orang lain pun dikategorikan sebagai “membaca”. Hal yang paling aku sukai adalah membaca sekitar, membaca keadaan dan bahasa tubuh seseorang.

Aku tidak akan membahas tentang pengertian2 membaca diatas. Aku cuma ingin bercerita tentang hasil pembacaan sekitar yang sering aku lakukan. Seringkali bukannya sengaja melakukan pembacaan sih, tapi lebih tepatnya karena situasi, kondisi dan keadaannya memang harus begitu. Secara kebetulan memang aktifitas sehari-hariku yang memungkinkan untuk melihat hal-hal mulai dari yang biasa saja, sampai yang aku anggap luar biasa.

Fenomena mudik dan arus balik misalnya, menjadi hal yang sangat luar biasa pada h-1 dan h+2 ( hal ini mungkin disebabkan karena adanya perbedaan ketetapan oleh pemerintah antara hisab dengan kalender ). Selain hari2 tersebut, aku tidak pernah disuguhi dengan jalanan yang padat. Itu satu bisa menjadi kesempatan dimana aku bisa membaca dan menyimpulkan. Pikiran yang positif tentu akan terkagum-kagum dengan usaha yang mereka lakukan dan jarak yang mereka tempuh dengan kendaraanya. Adapula yang beranggapan bahwa mereka yang mudik itu kepengin pamer dikampung halamannya. tidak ada yang salah sih, semuanya benar, semua tipe seperti tersebut ada semua memang, dari yang mulai benar2 mudik untuk silaturahmi, mudik untuk menunjukkan bahwa dirinya sukses merantau, dan yang paling banyak adalah keduanya.

Hmmmm, apalagi yang bisa aku baca?. Hari ini jalanan sudah mulai lengang, sudah sedikit saingan dijalan saat perjalanan berangkat maupun pulang kantor. Jadi rasa was-was akan mobil dan sepeda motor yang sering nyelonong dan dipacu dengan kencang tanpa klakson sudah mulai berkurang. Lagian tadi pagi aku sudah membaca dua surat Al-Qur’an, Ar-Rahman dan Al Waqi’ah. Jadi ya memang agak sedikit lupa akan bercerita tentang apa. Besok deh aku cerita tentang sekitar.😀


Actions

Information

Leave a Reply

